Bahaya Kandungan MSG Jika Di Konsumsi Anak

  • by
Bahaya Kandungan MSG

Bahaya Kandungan MSG Jika Di Konsumsi Anak. Untuk meningkatkan cita rasa dalam masakan agar masakan menjadi lebih gurih, sering kali kita menmbahkan masakan itu dengan penyedap rasa, seperti MSG atau yang lebih akrab dikenal sebagai micin.

MSG telah digunakan sebagai bahan penambah rasa masakan sejak puluhan tahun yang lalu, Pada zaman dulu, MSG adalah penyedap rasa alami yang diperoleh dari proses pengolahan rumput laut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini MSG dibuat dari proses fermentasi industri.

Masakan memang akan lebih terasa lezat jika kita menambahkan MSG dalam masakan, tapi apakah kalian tau bahaya dari MSG untuk anak, untuk kesehatan bila terlalu sering dikonsumsi dalam jangka panjang.

Beberapa Bahaya Kandungan MSG Jika Di Konsumsi Anak

  1. Menyebabkan tekanan darah tinggi.
  2. Mati rasa, kesemutan atau seperti terbakar pada bagian tubuh tertentu seperti leher atau wajah.
  3. Obesitas.
  4. Berkeringat.
  5. Detak jantung akan lebih cepat.
  6. Mual.
  7. Nyeri dada.
  8. Kulit menjadi merah.
  9. Tekanan atau rasa kencang pada wajah.
  10. Tubuh menjadi lemas.

Setelah kita mengetahui dampak buruk dalam mengkonsumsi MSG dalam jangka panjang, kamu tidak perlu khawatir, dengan rasa masakan kamu yang kurang sedep kerena tidak menggunakan MSG. Karena kamu bisa menambahkan bahan-bahan alami kedalam masakan mu seperti menambahan, tomat, kemiri,kecap ikan, kecap asin atau kaldu jamur.

MSG juga sangat menggangu bagi kesehatan anak, jika si anak mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG dalam jangka waktu yang panjang akan dapat merusak kondisi retina mata sang anak.

Kesehatan anak dipertaruhkan saat membeli jajanan ber-MSG, apalagi beberapa produk makanan tidak mencantumkan informasi komposisi secara lengkap. Artinya, orang tuapun akan kesulitan mengontrol kualitas jajanan putra-putrinya.

Kondisi kesehatan anak mungkin tidak langsung menurun ketika pertama kali mengonsumsi MSG dalam jumlah berlebihan karena efek yang muncul juga dipengaruhi sistem imun anak itu sendiri. Meski anak-anak tidak merasakan dampak negatifnya secara langsung, lambat laun gejala-gejala di atas akan terlihat jelas.

Cara menjaga kondisi kesehatan anak agar tidak terkontaminasi MSG adalah dengan mengurangi konsumsi makanan ringan kemasan dan jajanan pinggir jalan. Gantikan dengan masakan rumah saja.

Bagaimanapun juga, masakan rumah yang di buat sendiri lebih menyehatkan karena komposisinya jelas dan pasti bernutrisi. Sebaiknya kita juga tidak menggunakan MSG hanya untuk membuat masakan menjadi lebih lezat.

Pilihan Resto Tanpa Menggunakan MSG

Bahaya Kandungan MSG
Bahaya Kandungan MSG

Jika kamu sedang tidak masak, tetapi kamu ingin membeli makanan diluar atau makan diluar bersama sang anak namun masih ragu untuk makan diluar karena sebagian resto menambahkan MSG disetiap hidangannya agar terasa lebih enak.

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal itu lagi karena ada beberapa resto yang tidak menggunakan MSG di setiap hidangannya, salah satunya adalah resto Milik Wihrasa Group, Karena seluruh Outlet Wihrasa tidak ada yang menggunakan MSG atau pun Zat bahaya pada makanan

Manggar Resto Kebon Sirih menyediakan berbagai varian menu kuliner Indonesia, chinese food, hingga fusion. Dengan menu andalan manggar resto kebon sirih ialah soto tangkar, olahan seafood dan nasi goreng, membuat lidah pecinta kuliner Indonesia semakin dimajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *